Selasa, 04 Juni 2013

Quote



Quote bulan ini
Oleh : Rifki (Pend. Sejarah’11)

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
-Pramoedya Ananta Toer-
            Dari quote di atas yang sungguh luar biasa, dapat kita lihat dan perlu dicermati bahwa seorang Pramoedya Ananta Toer menggambarkan betapa pentingnya menulis itu. Dengan menulis maka kita akan abadi. Perlu dicermati, keabadian disini bukan mengenai usia atau umur yang akan abadi dan membuat seorang tersebut akan hidup abadi, melainkan nama sang penulis yang akan dikenal dan dikenang selamanya oleh seluruh masyarakat. Dengan menulis kita juga dapat merubah dunia. Dapat kita lihat dan temui tulisan-tulisan para tokoh seperti R,A Kartini yang dapat merubah dunia feudal wanita di Indonesia, serta Soe Hok Gie dengan tulisan idealisnya yang mampu mengguncang pemerintahan orde lama.

            Ketika kita menengok kebelakang banyak kita jumpai tulisan-tulisan brilian dari para tokoh bangsa ini yang mampu mengubah wajah Indonesia. Lalu, kenapa saat ini sangat minim kita jumpai tulisan-tulisan seperti itu? Dimana seharusnya tulisan-tulisan seperti itu lebih banyak bermunculan pada era ini dimana pendidikan lebih mudah diakses dibandingkan pada era sebelumnya.  Apakah mungkin pendidikan yang lebih mudah diakses saat ini tidak berbanding lurus dengan meningkatnya kualitas pendidikan tersebut, mungkin?

            Dengan melihat kenyataan tersebut kita sebagai kaum intelektual yang memiliki dasar pendidikan serta ilmu pengetahuan yang lebih. Seharusnya kita dapat memunculkan tulisan-tulisan yang lebih dibandingkan pada era sebelumnya yang minim akan pendidikan. Apalah arti sebuah mahasiswa (Agent of change) ? melalui resensi quote ini penulis mengajak kawan-kawan untuk lebih progresif dalam dunia tulis menulis. Kita bangun kembali era dimana tulisan-tulisan brilian yang mampu mengubah Indonesia untuk lebih baik bermunculan.
“Dengan Menulis Kita Abadi”
HIDUP MAHASISWA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar